Berita orientasi dakwah ramadhan

Tetap Gelar Kajian Selama Ramadan, PW Persistri Jawa Barat Gandeng TV Ar-Risalah dan Aplikasi UMMA

 

Edisi.co.id – Ramadan 1441 H agak sedikit berbeda karena mesti dijalani di tengah pandemi virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19).

Meski dunia tengah dilanda wabah dan berdampak kepada ekonomi, budaya, pendidikan dan bahkan aktivitas dakwah, para da’iyah Pimpinan Wilayah (PW) Persatuan Islam Istri (Persistri) Jawa Barat yang dalam hal ini Bidang Dakwah PW. Persistri Jawa Barat tetap melaksanakan aktifitas dakwahnya dengan kajian-kajian yang dilakukan melalui media televisi maupun media sosial.

Ketua Bidang Garapan Pengembangan Dakwah PW Persistri Jawa Barat Imas Maryamah,M.Pd. menjelaskan, selama bulan Ramadhan ini, kajian yang dilakukan sangat beragam. Mulai dari sajian ceramah, diskusi dan juga talkshow. Pembicara yang mengisi kajian-kajian tersebut pun sangat beragam dan lintas profesi.

“Dakwah harus terus berkembang walau masa pandemic Covid19. Setidaknya dalam 5 hal, yaitu konsep pengembangan 5 M: pertama Pengembangan Muballighat, kedua Pengembangan Mustami’, ketiga Pengembangan Materi, keempat, Pengembangan Metode Dan yang terakhir Pengembangan Media.” Ujar Imas ketika memberikan keterangan pada edisi.co.id, Sabtu (23/5/2020).

Lebih lanjut Imas mengatakan, semua pengembangan ini harus berjalan beriringan agar pengembangan dakwah digarap secara profesional di wilayah kerjanya.

Sejak awal Kabidgar Pengembangan Dakwah, bekerjasam dengan Sumber Daya Dakwah dibawah koordinasi Wakil Ketua III Bidang Dakwah, Hj. Enung Nurjanah terus berupaya untuk meningkatkan kuantitas juga kualitas dakwah, termasuk dengan beberapa bidang yang lainnya.

Ditambahkan lagi, salah satu yang digarap serius adalah dakwah dengan menggunakan berbagai media, termasuk Persis Tv dan Ar Risalah Tv, juga Aplikasi UMMA Indonesia, secara online.

“Program ini secara resmi disahkan serta didukung dalam musyawarah kerja PW Persistri Jawa Barat di RM Sukahati Cipacing beberapa bulan lalu jauh sebelum pandemi covid-19,” jelas Imas

Program ini terus bergulir karena didukung pula oleh Ketua PW Persistri Jawa Barat, Hj. Ella Kamilawatie, S.Pd.I. karena dia juga sebagai salah seorang daiyah.

“Agenda ini menghadirkan beberapa orang da’iyah, para bintang tamu dalam dan luar negeri, dan diakhiri dengan Bu Cinta, Ataalia Praratya, isteri Gubernur Jawa Barat dalam tema: “Makna Shilaturahim Di Hari Lebaran”, yang dikemas dalam bentuk talk show, Inspirasi Muslimah Kerjasama PW Persistri Jawa Barat dengan Ar Risalah Tv,” tutup Imas Karyamah.

Redaksi: Ilham Darmawan

Leave a Comment