Berita Sosial

Sinergi Fondation Bangun Sumur Wakaf di Gaza Palestina

 

Edisi.co.id – Sinergi Wakaf Lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq, Sedekah) Sinergi Foundation menginisiasi pembangunan sumur wakaf di Gaza, Palestina dengan membuat program wakaf sumber air.

Asep Irawan, CEO Sinergi Foundation, menyatakan bahwa warga Gaza jarang merasakan air jernih segar. Menurut dari data PBB sebanyak 97% air di Gaza tercemar oleh limbah perang dan 2 juta warga Gaza terpaksa bergantung pada 3% air sisanya.

Kini, sebuah sumur dari hasil Sinergi wakaf masyarakat telah berdiri di tengah mereka. Sumur tersebut terletak di Gaza City, Al-Remal neighborhood, Al-Iman Mosque.
“Alhamdulillah sahabat, mulanya pengerjaan sumur ini ditargetkan selama 3 bulan. Namun seiring pengerjaannya sumur ini berhasil dibangun kurang dari 2 bulan saja sejak bulan Ramadhan, Masya Allah!” katanya dalam siaran persnya pada Senin (30/06/2020).

Asep menerangkan, sumur ini bukan sumber air biasa. Sumur wakaf ini berupa sumur berbasis tenaga surya, yang selain bisa mengubah air di Gaza yang asin menjadi tawar, juga bisa menyaring zat berbahaya. Sumur ini pun bisa langsung diminum dan dikosumsi oleh warga.

“Ada sebanyak 5.000 warga Gaza yang menerima manfaat dari sumur ini. Air jernih segar yang jarang sekali mereka rasakan, kini bisa dikonsumsi sepuasnya. Kita semua tentunya ingin melihat warga Gaza minum air dengan lahap tanpa mengkhawatirkan ada racun dan tidak ada di dalamnya”, tuturnya.

Asep pun berterimakasih pada para donatur yang telah berkontribusi dalam pembangunan sumur wakaf ini. Ia menuturkan, kedepannya Sinergi Foundation akan terus melanjutkan Project Wakaf Sumber Air di wilayah-wilayah kekurangan air.
“Bentuknya bisa berupa sumur, pipanisasi, dan lain-lain,” tandasnya. (Kiki)

Leave a Comment