Berita Ormas

Persaudaraan Muslimah Ajak Umat Serentak Untuk Bermunajat

 

Edisi.co.id –  Melihat merebaknya covid-19, semakin bertambahnya pasien corona di dunia wa bil khusus di Indonesia, membuat warga prihatin. Apalagi hingga saat ini belum ditemukan penawar dari covid-19 tersebut. Sekalipun para ilmuwan terus mengupayakan penanganan yang cepat dan efektif.

Keprihatinanpun dirasakan oleh ormas Persaudaraan Muslimah (Salimah). Salimah juga memandang agar manusia tidak melupakan Dzat yang menciptakan makhlukNya, walau itu berupa virus. “Karenanya Salimah mengajak pengurus, keluarga, masyarakat, majlis ta’lim, dan seluruh komponen masyarakat untuk melakukan ‘gerakan serentak’ gerakan bersama di waktu yang sama yaitu malam Jumat dan hari Jumat (27/3/2020). Di mana kita ketahui hari itu memiliki keutamaannya ditambah dengan amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan,” jelas Sinta Santi Ketua Satu PP Salimah mengenai program serentak ini.

Jika secara individu saja dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan tersebut, apalagi jika hal ini dilakukan bersama-sama, serentak, walaupun di tempat yang berbeda. “Harapannya, ketika ayat-ayat yang dilantunkan, Allah mendengar rintihan dari suara-suara hambaNya di seluruh negeri, mendengar doa-doa yang dipanjatkan dengan tangisan, berharap Covid-19 segera berlalu. Karena semakin dekat seorang hamba kepada Allah, menunjukkan seorang hamba sangat membutuhkanNya.

“Karena itu, kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia, lakukanlah, apa-apa yang disenangi Allah. TIdak cukup sendirian, karena kita semua merasakan musibah ini. Mari bersama-sama meminta pada Yang Maha Kuasa,” himbau Sinta.

Amalan yang diserukan agar dilaksanakan serentak ini, di antaranya, pada malam Jumat, membaca Surat Al Kahfi, Tilawah minimal 1 juz, Tahajud dan berdo’a bersama, dan pada hari Jum’atnya agar memperbanyak zikir dan sedekah.

Selain ‘Gerakan Serentak’ ini, Salimah juga sudah melakukan penggalangan dana yang kemudian diwujudkan untuk memberikan bantuan alat medis, juga pangan. “Program ini bekerjasama dengan ACT, yang lebih dahulu bergerak sebagai penggagas ide program ini. Salimah tergerak untuk turut membantu baik itu tenaga medis maupun masyarakat yang membutuhkan,” ujar Etty Praktiknyowati, Ketua Umum Salimah yang baru saja dilantik Muktamar awal bulan Maret ini (7/3/2020).

Unggul Hidayati selaku penanggug jawab program peduli musibah dan bencana (P2MB) Salimah menjelaskan, “untuk sembako didrop ke ketua RT, tidak mengumpulkan massa juga kerjasama. Kami juga bekerjasama dengan warteg-warteg. Bantuan pangan ini untuk masyaratakat menengah ke bawah,” jelas Unggul. (Hlh)

Leave a Comment