Berita Pendidikan

Ornamen Islam dan Gambar Mural Hiasi SMP Cendikia Islami, Prof Dadan Wildan: Guna Berikan Inspirasi Pada Siswa

 

Edisi.co.id – Bandung, SMP Prima Cendekia Islami yang beralamatkan di Kompleks Griya Prima Asri. Jl. Prima Raya No. A.1. Desa Malakasari. Kecamatan Baleendah. Kabupaten Bandung, tampil sebagai sekolah digital islami. Jargonnya, sekolah digital untuk generasi muslim milenial qurani.

Ketua Yayasan Pendidikan Prima Cendekia Islami, Prof. Dr. H. Dadan Wildan, M. Hum., yang juga Staf Ahli Menteri Sekretaris Negara menyebutkan bahwa sekolahnya ingin menghadirkan sekolah yang menyenangkan, guru yang dirindukan, dan pelajaran yang tidak membosankan.

Ornamen-ornamen kaligrafi, sengaja disematkan di sebagian gedung sekolah. Hal ini untuk mengesankan keteduhan, mencirikan sekolah bernuansa Islam, sekaligus menanamkan sisi keindahan dari peradaban Islam,” kata Prof Dadan Wildan kepada edisi.co.id, Rabu (3/3/2021).

Salah Satu Ruang SMP Cendikia Islami yang dihiasi dengan Mural dan Kaligrafi

Lebih lanjut, ucap Prof Dadan menerangkan disetiap sisi ruang kelas dihiasi lukisan kaligrafi dan disetiap lorong, ada mural yang dipadupadankan dengan lukisan pemandangan, bunga bunga, dan nuansa keindahan lainnya.

“Pada intinya sekolah ini ingin menghadirkan keindahan. Sekolah merangkap galeri islami,” tutur Prof Dadan.

Ia juga menjelaskan gambar-gambar mural, baik ikon dari berbagai negara sengaja ditampilkan untuk memberi inspirasi kepada para siswa, menjadi mimpi mereka, lalu insya Allah menjadi kenyataan bagi mereka di masa depan untuk berkunjung kesana.

“Berawal dari mimpi, lalu berimajinasi, dan insya Allah terbukti,” imbuhnya.

Sehingga nantinya anak-anak milenial juga tentunya akan akrab dengan tokoh tokoh animasi seperti spiderman. Jika dihadirkan, akan menghiasi ruang imajinasi. Di atas semua itu, mural kabah di masjidil haram, dihadirkan di mushola sebagai ikon sekolah yang religius.

“Sekolah diera milenial, selain tempat belajar juga tempat berimajinasi,” pungkasnya. (Hlh)

Leave a Comment