Berita Hukum dan Kriminal

Nikahi Anak Usia 7 Tahun, Sekjen Komnas PA: Jika Terbukti, Kebiri Syekh Puji

 

Edisi.co.id – Di tengah wabah Virus Corona kita dikagetkan dengan munculnya berita dugaan adanya kekerasan seksual terhadap anak yang masih berusia 7 tahun inisial D Warga Magelang, oleh Syekh Puji (54) yang tinggal Kabupaten Semarang, dengan cara dinikahi.

“Ini adalah kejahatan seksual luar biasa yang dilakukan oleh pelaku, dan sangat menyakiti hati masyarakat. Hal ini dikatakan Sekretariat Jendral (Sekjen) Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Dhanang Sasongko, Sabtu (4/4/2020).

Oleh karenanya Komnas Perlindungan Anak terus mengawal kasus ini agar dapat diproses sesuai dengan hukuman yang berlaku, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun.

“Karena perbuatan ini adalah yang kedua kali dilakukan oleh pelaku, sebelumnya kasus serupa kepada anak usia 12 tahun, maka pelaku dapat dikategorikan residivis kejahatan seksual terhadap anak, sehingga dapat ditambah dengan hukuman suntik kebiri kimia,” tegas Dhanang.

Lebih lanjut, Sekjen Komnas Perlindungan Anak, Dhanang Sasongko berharap pihak Polda Jawa Tengah yang mendapatkan laporan resmi dari Komnas Perlindungan Anak Jawa Tengah untuk bersika tegas tanpa kompromi memproses kasus tersebut hingga tuntas, walaupun di tengah kasus wabah corona saat ini.

“Kasus ini harus menjadi perhatian masyarakat luas, bahwa ancaman kekerasan seksual ada di mana di mana bahkan bisa dilakukan oleh siapapun,” kata Dhanang.

Pada kasus persetubuhan terhadap anak tidak ada istilah suka sama suka, semua pasti diawali dengan ancaman, janji dan bujuk rayu, bahkan orang terdekat yang mengetahui apalagi membiarkan anak tersebut mendapatkan tindak kekerasan maka bisa juga mendapat ancaman hukuman.

 

Reporte: Henri Lukmanul Hakim

Editor: Ilham Dharmawan

 

Leave a Comment