banner 468x60
banner 728x250

Menteri Nadiem: RI Butuh Pemimpin yang Berani Ambil Risiko

  • Bagikan
banner 468x60

Edisi.co.id– Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengatakan Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang berani mengambil risiko.

Nadiem mengungkapkan seorang pemimpin juga perlu menemukan solusi atas tantangan yang dapat menghambat pekerjaan.

banner 336x280

“Indonesia saat ini membutuhkan pemimpin-pemimpin yang berani mengambil risiko,” kata Nadiem dalam acara “Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VI Tahun 2021”, Selasa (13/7/2021).

BACA JUGA:  PDIP Ubah Kantor Partai Jadi Dapur Umum dan Vaksinasi Covid-19

“Pemimpin perlu menemukan solusi atas tantangan struktural yang menghambat kerja. Perubahan di aspek struktural kemudian perlu diikuti perubahan kultural, agar terbentuk mentalitas yang berorientasi pada kemajuan,” imbuh dia.

Eks CEO Go-jek ini pun menekankan, seorang pemimpin perlu menyadari pentingnya gotong royong sehingga tidak bekerja sendirian.

Dia mengatakan, konsep kerja yang  mengedepankan gotong royong dan kolaborasi adalah asas kerja di lingkungan kementeriannya.

BACA JUGA:  53 Pemilik Tempat Usaha di Jakbar Jalani Sidang Tipiring

“Seperti yang saya tekankan pada berbagai kesempatan, pemimpin harus bisa berkolaborasi,” ucap dia.

Menurutnya, Kemendikbud Ristek memiliki tugas untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas.

Nadiem sangat berharap kebijakan Merdeka Belajar dapat melahirkan calon pemimpin muda yang memiliki kemauan kuat mengabdi pada negara.

“Kami tengah mengupayakan lahirnya generasi pemimpin baru dengan kemauan yang kuat untuk mengabdi pada negara,” ucap dia.

BACA JUGA:  1.154 Peserta Ikuti Lokakarya Pemulasaran Jenazah COVID-19

Dengan demikian, melalui pelatihan kepemimpinan nasional (PKN) ini, Nadiem selalu mendorong agar terciptanya pemimpin yang terus mendorong pembelajaran dan inovasi.

“Diharapkan dapat melahirkan para pemimpin yang mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendorong pembelajaran dan inovasi,” tutur dia.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan