Berita Sosial

Kurbanfest 2020, Dompet Dhuafa ajak Masyarakat untuk Sedekah Daging Kurban

 

Edisi.co.id – Berkurban melalui Dompet Dhuafa tidak hanya lebih murah, namun transaksinya juga semakin mudah. Semua karena adanya kerja sama dengan berbagai platform digital berupa fasilitas pembayaran hewan kurban. Melalui Kurbanfest 2020, Dompet Dhuafa mengajak para masyarakat yang belum dapat membeli hewan kurban secara utuh, dapat melakukan sedekah daging. Semangatnya untuk membantu masyarakat Dhuafa yang belum dapat menikmati daging kurban. SABTU (01/08/2020)

Salah satunya seperti yang terlihat di Kawasan Zona Madina, Parung, Bogor, pada Jumat (31/7/2020). Di lokasi tersebut, Dompet Dhuafa menggelar pemotongan hewan kurban yang merupakan bagian dari program Sedekah Daging. Masyarakat pra sejahtera hingga petugas medis yang tengah berjibaku memberikan pelayanan di tengah pandemi, turut menikmati berkah dari sedekah daging.

Saat pandemi Covid-19 melanda pelosok negeri, tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk berbagi walau masa sulit. Terbukti dari perjalanan Tebar Hewan Kurban yang selalu dipercaya oleh masyarakat menjadi perantara ibadah bekurban setiap tahun. Terlebih saat ini juga menghadirkan program sedekah daging.

“Alhamdulillah ini tahun ke-2 saya bersama Dompet Dhuafa dalam kegiatan berkurban. Melalui Dompet Dhuafa, saya melihat pembagian daging kurban merata sampai ke pelosok sana,” ucap Aiko Sarwosri, selaku super volunteer Dompet Dhuafa yang turut berbagi resep masakan olahan daging di Zona Madina.

Tahun ini, Dompet Dhuafa menargetkan pencapaian kurban keseluruhan dengan pengelolaan kurban di seluruh Indonesia mencapai 45 ribu ekor setara doka (domba kambing), dan menyebarkan daging kurban ke 33 Provinsi yang ada di Indonesia khususnya wilayah terpencil, tertinggal, pelosok hingga wilayah bencana. Selain itu, Dompet Dhuafa menginisiasi substitusi plastik pembungkus daging kurban dengan wadah yang ramah lingkungan seperti besek bambu, keranjang, daun jati, daun pisang dan khazanah lokal lainnya, agar lebih ramah terhadap alam.

“Target Dompet Dhuafa untuk penerima manfaatnya ada 2.000.000 jiwa sebagai penerima daging kurban tahun ini. Kita telah menyebar tim di lapangan yang akan memverifikasi data. Sehingga penyalurannya tepat sasaran. Proses verifikasi diperlukan untuk meningkatkan layanan dan program pemberdayaan Dompet Dhuafa. Karena juga bisa membantu pemerintah dalam upaya mengikis angka kemiskinan,” ucap Dian mulyadi, Selaku General Manager Corporate Secretary dan Sekretaris Tebar Hewam Kurban Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa sejak 1994, hadir memeratakan hewan dan daging kurban di seluruh Nusantara. Di era digital ini, Dompet Dhuafa selalu menghadirkan kemudahan-kemudahan berkurban bagi para pekurbannya. Hadirnya beberapa pilihan pembayaran kurban secara online atau melalui aplikasi digital, turut mendongkrak penghimpunan dana sosial termasuk kurban. Paling utama dalam segi transaksi dan pendistribusiannya. Sehingga mempercepat donatur mengirimkan donasinya.Melalui ponsel pintar, berbagai layanan seperti WhatsApp Pay, e-commerce dan lainnya, donatur tidak perlu menunggu lama dalam proses pembayaran donasinya. Hanya hitungan detik saja. (Ihm/Rls)

Leave a Comment