Berita Kesehatan

Kementerian Kesehatan Temukan 2 Varian baru Covid-19 dari Inggris di Indonesia

Edisi.co.id – Jakarta, Wakil Menteri Kesehatan (Dante Saksono Harbuwono) mengatakan, varian baru Covid-19 telah ditemukan di Indonesia. Varian ini merupakan mutasi Sars-CoV-2 yang pertama kali ditemukan di Inggris.

“Tadi malam saya mendapat informasi, bahwa tepat satu tahun (kasus pertama Covid-19 ada di Indonesia) hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante saat memberi sambutan dalam acara Kementerian Riset dan Teknologi, yang ditayangkan di YouTube, Selasa, 2 Maret 2021.

Menurut Dante, ini artinya Indonesia akan menghadapi pandemi yang lebih serius. Awalnya, pemerintah memeriksa 462 kasus di seluruh Indonesia dalam beberapa bulan terakhir, yang bisa jadi kasus mutasi virus Covid. Hasilnya, ditemukan dua varian baru

“Refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke dapan untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan riset yang semakin cepat, model-model penanganan yang lebih baik, dan studi-studi epidemologis secara analitik, karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” kata Dante.

Mutasi dari Virus SARS-Cov-2 ini awalnya ditemukan di New South Wales. Belakangan, mutasi serupa ditemukan di beberapa negara Eropa lain dan di Australia.

Satuan Tugas Penanganan atau Satgas Covid-19, sebenarnya sudah mulai mengambil langkah antisipasi saat varian baru Covid-19 ini pertama kali diumumkan. “Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk melakukan surveillance perubahan genetika virus, serta sebarannya secara nasional maupun secara global, sebagai upaya antisipatif terhadap jenis maupun sebaran hasil mutasi Virus Covid-19 di Indonesia,” kata Wiku dalam konferensi pers, Kamis, 24 Desember 2020.

 

-RM-

Leave a Comment