Berita Daerah

Eks Bandara Temindung Samarinda untuk Relokasi Warga Bantaran Karang Mumus

 

Edisi.co.id – Samarinda, Pada kesempatan pertemuan Walikota Samarinda Dr. H. Andi Harun & Wakil Walikota Dr. H. Rusmadi Wongso dengan Gubernur Kalimantan Timur Dr. H. Isran Noor Senin (01/03) menawarkan lokasi eks Bandara Temindung untuk merelokasi warga bantaran Sungai Karang Mumus. Seperti diketahui penanganan banjir di Samarinda maka Pemerintah Kota Samarinda melakukan normalisasi Sungai Karang Mumus dengan merelokasi warga yang berdiam di bantaran SKM tersebut.

“Khusus normalisasi, Gubernur tadi menawarkan untuk memanfaatkan eks bandara Temindung sebagai relokasi terkait masyarakat yang terdampak, karena yang terdampak ini kalaupun pindah dan direlokasi ya tidak jauh – jauhlah, bentuknya nanti kita pikirkan akan tetapi rumah susun menjadi salah satu alternatif untuk rumah perkotaan yang dengan keterbatasan ruang,” ucap Wakil Walikota Rusmadi.

Menurut Walikota Andi Harun salah satunya bisa digunakan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) dan folder air. Lantaran Ruang Terbuka Hijau masih terbilang minim di Samarinda dan di daerah tersebut merupakan daerah yang cukup parah dampak banjirnya.

Selain itu juga dibahas mengenai Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang merupakan Program Prioritas pasangan AH – RUS dalam penanganan banjir dan kebersihan kota. Pemerintah Kota Samarinda menginginkan agar tidak ada lagi pengelolaan TPS berada di jalan protokol, dan berharap adanya bantuan Pemprov untuk merelokasi TPS yang ada di lahan yang dimiliki Pemprov Kaltim saat ini.

Kontributor Samarinda: Alfian Noor

Leave a Comment