Berita Polhukam

Diduga Rangkap Jabatan, ISCW Laporkan Sesmenpora ke Ombudsman RI

 

Edisi.co.id – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto secara resmi dilaporkan ke Ombudsman RI oleh Indonesia Sport Corruption Watch (ISCW) terkait dengan dugaan rangkap jabatan.

Gatot diduga selain menjabat sebagai Sesmenpora, juga menjabat sebagai Komisaris sebuah perusahaan. Dugaan itu dikemukakan oleh Direktur Hukum ISCW, Muhammad Fayakun Arief.

“Saya melaporkan dugaan rangkap jabatan yang dilakukan oleh Sesmenpora,” kata Fayakun saat dijumpai di gedung Ombudsman RI, Rabu (1/7/2020).

Menurut dia, Sesmenpora diketahui merangkap jabatan sebagai salah satu Komisaris di perusahaan BUMN dan diduga melanggar sejumlah Undang-undang serta peraturan pemerintah.

“Hal itu melanggar UU nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan UU nomor 25 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), serta Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Oleh karena itu kami menduga bahwa apa yang dilakukan Sesmenpora merangkap jabatan terindikasi korup,” ungkapnya.

Dalam keterangannya, ISCW mengatakan, berdasar hasil investigasi ditemukan catatan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. GMF Aeroasia Tbk pada tanggal 3 Juni (tahun tidak disebutkan) tentang susunan Komisaris dan Direksi, menyebutkan nama Gatot Sulistianto Dewa Broto, nama yang identik dengan nama Sesmenpora.

Diketahui, PT. GMF Aeroasia Tbk adalah sebuah perusahaan yang tercatat sebagai anak usaha BUMN yang go-publik melalui IPO di Bursa Efek Indonesia dengan berkode saham GMFI. (Arifin)

Leave a Comment