Agama Berita

281 Anak Dari 19 Provinsi Ikuti Lomba Tahfidz Nasional Yang Diadakan Masjid Astra

 

Edisi.co.id – Jakarta,  Anak-anak pilihan dari 19 provinsi di seluruh Indonesia, berkumpul pada gelaran Lomba Nasional Online Tahfidz Al Qur’an Masjid Astra yang diadakan pada 27-28 Februari 2021.
Peserta berjumlah 281 anak jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mereka berasal dari 19 provinsi antara lain antara lain dari Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Riau hingga Sumatra Utara.

Yayasan Amaliah Astra (YAA) melalui Masjid Astra mengadakan lomba ini secara daring. Semangat anak-anak penghafal Qur’an, diharapkan memberi inspirasi untuk mengisi masa pandemi dengan aktifitas positif.

“Lomba ini sebagai bentuk apresiasi Masjid Astra untuk para penghafal Qur’an, semoga semangat dan ajaran kebaikan dalam Qur’an selalu tertanam di hati kita,” tutur Boy Kelana Soebroto, Ketua Masjid Astra.

Dalam lomba ini, juz yang dilombakan sebanyak lima juz, yaitu juz 26 sampai juz 30. Dewan juri dipimpin oleh Ust. Miftahul Arifin, Lc. dari Islamic Center Wadi Mubarok, Bogor. Kapasitasnya sebagai ustadz terpilih yang pernah menjadi juri tahfidz internasional, membuat
lomba kian menarik.

Setelah melewati babak, penyisihan, semifinal dan final, keluar sebagai juara 1 (satu) adalah Aisyah Putri Al Khonsa berasal SD At Taufiq, Jambi. Juara 2 (dua) direbut oleh Hulwah dari, Mahad Elhijaz Islamic Boarding School, DKI Jakarta. Sedangkan uara 3 (tiga) adalah Quroisy Abdul Mushowwir dari SMP Imam Syafii, Jawa Tengah. Juara harapan direbut oleh Maryam Ulyadi, dari Markaz Tahfidz Balita, Sumatra Barat. Kemudian Fahma Mazka, dari PKBM Aji Saka, Jawa Timur dan setelahnya Dewa Azzam dari Rumah Tahfidz Qurma, DKI Jakarta.

Tentang Yayasan Amaliah Astra

Yayasan Amaliah Astra (YAA) didirikan 23 Mei 2001, berada di bawah naungan PT Astra International Tbk. Kehadirannya dilandasi oleh cita-cita Astra, yaitu “Sejahtera Bersama
Bangsa”, serta visi Astra, yaitu “Menjadi Perusahaan yang Mempunyai Tanggung Jawab Sosial dan Ramah Lingkungan”.

Sejatinya, tujuan YAA didirikan adalah untuk mewujudkan profesional muslim Astra. Tujuan ini sesuai dengan firman Allah SWT, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan melakukan pekerjaan yang baik, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (QS. al-Bayyinah,98:7).

YAA terbagi menjadi tiga divisi, yaitu Sosial Religi, Lazis Amaliah Astra dan Pengembangan Bisnis. Dalam Divisi Sosial Religi terdapat Masjid Astra dan Astra Gema Islami (AGI). Melalui Masjid Astra, YAA menyelenggarakan aktivitas ibadah, pengajaran keislaman dan
beragam lomba dalam Astra Gema Islami (AGI), fungsinya mempererat solidaritas sesama umat Muslim dan meningkatkan pengetahuan agama Islam. Sedangkan melalui Lazis Amaliah Astra, YAA juga memfasilitasi pemberian zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang disalurkan untuk beasiswa dan modal wirausaha masyarakat.
Divisi Pengembangan Bisnis berperan dalam menjalankan usaha seperti umroh dan pengembangan bisnis teknisi air conditoner. (Ihm/Rls)

Leave a Comment